Alam Kaya

Alam ini kaya, segala kebutuhan untuk menunjang hidup tersedia selalu. Otomatis tanpa campur tangan manusia untuk membuatnya ada. Sistem yang mendukung ketersediaannya pun terjaga siap. Ambil contoh rumput –makanan utama sapi dan kambing banyak tumbuh di alam ditunjang dengan sifatnya yang mudah tumbuh dan cepat berkembang. Maka berkembanglah beragam tumbuhan dan hewan serta ilmu-ilmu tentangnya.

Allah sebaik-baiknya pencipta dan pemelihara dalam keseimbangan. Dari yang paling kecil hingga alam raya ini berjalan dalam perjalanannya masing-masing namun dalam keharmonisan tinggi. Dan semua dilakukan tanpa bantuan siapapun. Tidak juga manusia. Maka ketika manusia berusaha menirunya, perlu menyiapkan banyak hal sebelum sistem tiruan alam itu mulai berjalan, dan butuh lebih banyak hal lagi untuk dapat mempertahankan stabilitasnya. Ini bisa berarti biaya yang tinggi.

Contohnya saya pernah memelihara arwana silver Irian yang ditempatkan di sebuah akuarium ukuran 40cm x 60 cm x 50 cm. Untuk suplai udara dan air yang jernih, harus disediakan pompa air listrik yang tidak boleh mati terlalu lama karena akan membuat ikan lemas kekurangan oksigen. Lalu untuk makanan, setiap Rabu dan Sabtu malam saya ke pasar ikan untuk beli ikan pakan hidup dan kadang kelabang. Listrik, ikan pakan, kelabang butuh biaya, biaya untuk kelangsungan hidup seekor arwana.

Diwaktu yang lain, saya mendapat hadiah sepasang kucing hibah dari mertua kawan. Karena sudah berani untuk berniat memelihara, maka menjamin makan, kebersihan kandang, dan kesehatannya jadi tanggung jawab. Tepat sebulan setelahnya  lahir 3 ekor anak kucing lucu-lucu. Dan ini berarti bertambahlah tanggung jawabnya. Yang tadinya hanya menyediakan makanan dan sarana kebersihan untuk yang dewasa saja, sekarang ditambah dengan makanan dan kebersihan bayi. Kadang saya bertanya-tanya, sampai kapan kemampuan saya dalam ‘menanggung’ kehidupan mereka?

Sementara alam ini mampu merawat berjuta-juta kucing ataupun arwana tanpa takut biaya. Sungguh kaya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *