Manfaat Asian Games buat Saya dan keluarga

Gelaran Asian Games ke 18 terasa sangat istimewa bagi Indonesia. Perhatian dunia khususnya Asia sedang tertuju ke negara ini. Suksesnya penyelenggaraan sampai kelar nanti akan membuat nama baik Indonesia meningkat karena akan menambah kepercayaan internasional.

Bagi saya, Asian Games ke 18 ini juga memberikan manfaat yang cukup banyak bagi pribadi dan keluarga. Yang paling terasa adalah bertambahnya waktu kebersamaan bersama keluarga. Hampir setiap malam kami menyempatkan menonton pertandingan-pertandingan di TV. Untungnya ada televisi yang bisa merekam dan diputar ulang (link) sehingga pertandingan siang hari saat anak saya sekolah bisa diputar ulang malamnya. Semakin banyak kebersamaan berarti peningkatan ikatan keluarga. Ini penting untuk masa depan.

Manfaat yang kedua adalah bertambah pengalaman baru, nonton pertandingan sepak bola langsung di stadion. Waktu itu pertandingan penyisihan group antara Malaysia vs Korea Selatan di Stadion Sijalak Harupat Soreang Kabupaten Bandung (hasil). Untuk sebuah pertandingan, penonton saat itu tergolong sepi. Banyak kursi kosong, saya sampai menyebut ini sebuah rekreasi. Hanya tempatnya saja di stadion. Yang jelas tidak akan terulang karena belum tentu Indonesia terpilih menjadi tuan rumah lagi.

Yang ketiga, mengenalkan ke anak-anak bahwa di dunia ini kita tidak sendirian. Ada banyak negara yang harus saling bekerjasama. Cara yang paling mudah adalah dengan mengenalkan bendera negara-negara peserta Asian Games. Saya jadi tahu bahwa kamus bendera negara di kepala saya cukup rendah.

Secara umum, dengan banyaknya menonton pertandingan yang diselenggarakan baik di televisi maupun di media online membuat perhatian terhadap dunia olahraga jadi meningkat. Beberapa kali anak saya bertanya nama olah raga yang rupaya dia belum tahu.

Bagaimana denganmu Kawan? Apa manfaat yang dirasakan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *