Belajar Customer dan Service Experience dari Penjual Bakso

Bukan sebuah restoran, hanya penjual bakso dengan gerobak kayu. Laris. Saya sampai tidak bisa membedakan mana penjual dan pembeli. Berjubel jadi satu mengelilingi gerobak.

Jam tangan saya masih menunjukkan angka 10 pagi, tapi pembeli sudah seperti ini. Berkerumun berpanas-panas dibawah terik. Tidak ada tenda atau payung. Benar-benar hanya gerobak mangkal. Didekat sebuah pos keamanan perumahan yang pintunya tertutup rapat. Persis di pinggir sungai kecil.

Makannya dimana dong ? Ya seadanya tempat. Teras pos, pinggir sungai, dalam taman, lantai, kursi plastik. Itu pilihannya. Yang bawa mobil bisa makan didalamnya. Bisa pakai AC.

Kemungkinan besar akan lebih ramai lagi ketika mahasiswa tidak sedang libur seperti sekarang. Lokasi di dekat jalan tembus setapak Universitas Negeri Malang membuatnya jadi pilihan menu alternatif mahasiswa. Menjadikannya dipersepsi sebagai kuliner bersegmen mahasiswa. Umumnya segmen ini dikenal murah meriah. Tidak mahal dan porsi besar. Ini membentuk keunggulan tersendiri.

Keunggulan lain yang dapat dirasakan adalah keramahan penjual. Sapaan dan canda khas Malang selalu terlontar dari 2 orang mas penjual. Ini membangun kedekatan dengan pelanggan. “Anakku iki mas …,” candanya sambil menunjuk salah satu pelanggan yang minta nambah. Yang ditunjukpun senyum-senyum. Kedekatan menghilangkan jarak antara pelanggan dan penyedia layanan.

Selain membangun kedekatan, komunikasi produk kepada pelanggan juga dilakukan oleh mas bakso ini. Di tengah kerumunan pembelinya yang sedang self service, dia mengingatkan supaya masing-masing menambah garam karena kuahnya dibuat hambar. Ini memberikan keleluasaan pelanggan untuk melakukan custom rasa. Kebebasan buat pelanggan.

Terakhir, gabungan ketiganya menjadikan keunggulan tersendiri. Karena memang masih jarang penjual bakso gerobak yang mempunyai ketiganya sekaligus. Maka usahanya mampu bertahan. Coba saja lakukan pencarian di Google: bakso jalan salatiga malang.

OmaMitoha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *