Pentingnya Akhir

Final liga Champion 1999, Bayern Munich kontra Manchester United di Stadion Camp Nou Barcelona Spanyol. Memimpin 1 gol sejak menit ke 7 babak pertama, Bayern Munich harus menerima kenyataan pahit. Dibalas 2 gol oleh lawannya. Tragis. Di menit akhir, 92 dan 93. Inilah sepakbola, tidak boleh lengah sebelum benar-benar berakhir. Kemenangan didepan mata bisa lepas hanya karena ujung masa.

Khotib shalat Jumat kemarin menasehatkan hal yang tidak jauh beda. Waspada terhadap akhir. Yang paling dekat adalah akhir tahun 2018 beberapa hari kedepan. Tidak boleh terlena. Selalu waspada. Akhir tahun bukan untuk bersenang-senang tapi untuk bermuhasabah. Melakukan evaluasi diri apakah yang sudah dilewatkan dalam satu tahun kemarin sudah baik.

Akhir adalah momentum. Dan setiap momentum haruslah dilewatkan dengan baik. Agar tidak merugi. Waktu hilang, tidak dapat apa-apa. Jadi akhir bisa sangat menentukan. Bagi muslim, ketika sudah sampai saat akhirnya dan dia menyebut nama Allah, maka surgalah hadiahnya. Begitu besarnya perhatian Islam terhadap akhir seseorang.

Memastikan saat terakhir hidup ini terjaga dengan baik bukan perkara gampang. Orang bisa saja bilang nanti ketika saatnya tiba saya akan begini dan begitu. Tapi kita tidak boleh lupa bahwa tidak ada seseorangpun yang tahu kapan hidupnya akan berakhir. Itu bagian dari rahasia Allah. Maka bagaimanakah kita akan bisa melakukan ini itu hanya ketika sudah masuk akhir masa?

Karenanya selalu waspada menjadi jawaban untuk menyiapkan akhir masa. Ini dilakukan dengan konsisten melakukan hal-hal baik selama masih bisa. Tidak lengah sedikitpun. Karena siapa tahu saat lengah itulah akhir kita datang.

Sebuah catatan, OmaMitoha

1 thought on “Pentingnya Akhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *