Ceklist Kegiatan

Kerugian adalah jika hari ini tidak lebih baik daripada kemarin.

Bagi saya kalimat tersebut adalah sebuah provokasi. Agar siapa saja selalu berusaha menjadi lebih maju. Terus tumbuh dan berkembang. Dinamis tidak statis. Bergerak, tidak diam.

Cukup banyak keinginan untuk menjadi seperti itu. Biasanya saya memaksakan diri untuk mencoba hal-hal yang baru. Untuk mendapatkan pengalaman baru.

Tentu dengan segala resikonya. Harus meluangkan waktu. Harus meluangkan tenaga. Harus mengeluarkan biaya. Harus mengeluarkan pikiran. Too lebay ….

Hal-hal baru yang saya coba biasanya yang bersifat pengembangan diri. Gampangnya, saya ingin melakukan yang belum pernah dilakukan.

Sebagai karyawan, sungguh mudah bagi saya untuk menjadi merasa jenuh dan bosan. Datang kekantor jam 8 pagi, pulang jam 5 sore. Hari Senin sampai Jumat. Weekend libur. Begitu seterusnya.

Jika masa jenuh dan bosan terjadi, saya biasanya tidak bisa melakukan sesuatu. Tidak melakukan hal yang produktif. Paling-paling browsing dan nonton Youtube. Badan dan pikiran hanya mau diajak yang ringan-ringan.

Tentu itu kondisi tidak bagus bagi saya secara pribadi. Bisa terseret kepada pengangguran tersamar. Begitu kata kelebayan saya. Bisa terperosok di jurang kebodohan.

Maka saya harus punya kegiatan-kegiatan baru sebagai penyeimbang pekerjaan. Dan saya bersemangat karenanya. Bahkan kadang sampai mau beranjak tidurpun susah. Karena pikiran sudah membayangkan apa saja yang mau dikerjakan.

Menyiksa juga. Sekali waktu pernah lewat jam 24 malam baru terlelap. Padahal sudah rebahan sejak jam 22.

Sering pula jadi tidak fokus. Pada saat yang sama punya keinginan lebih dari satu. Akibatnya, apa yang sudah dimulai kadang ditinggalkan. Berganti dengan yang lain.

Biasanya dengan alasan untuk disambung lain kali. Dan ketika ini terjadi begitu seringnya, sayalah yang menjadi bingung sendiri. Hahaha… Hingga tidak tahu lagi saat ini apa saja yang sudah dimulai dan sedang berjalan.

Kegeden karep, kata orang Jawa. Banyak mau tapi tidak terlaksana. Ini sungguh bukan hal yang positif. Karenanya harus segera dihindari. Evaluasi menyeluruh harus segera dilakukan.

Membuat ceklist kegiatan self development apa saja yang sudah dimulai dan sedang berjalan adalah langkah awal.

Saya akan share dalam beberapa waktu kedepan. Sabar ya.

1 thought on “Ceklist Kegiatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *