Lari Dari Rumah

Ini bukan negatif, tapi tagar yang saya gunakan untuk kegiatan yang sedang dicoba. Tagar lengkapnya begini #LARIDARIRUMAH #RUNTOOFFICE. Saya peruntukkan hobi olahraga lari yang saya geluti.

Tapi bukan lari seperti atlit-atlit elit runner. Cukup untuk gerak badan dan cari keringat saja. Yang penting berimbas pada kesehatan dan ketahanan terhadap serangan sakit.

Tagar ini untuk menyemangati diri sendiri karena 2 tahun belakangan tren penurunan saya alami. Lebih karena faktor semangat yang mengendor. Koleksi medali finisher tak lagi jadi motivasi. Latihan mingguan berasa mentok disitu-situ saja tanpa perbaikan.

Dengan tagar ini saya paksakan sebuah tantangan baru. Berangkat ke kantor dengan berlari. Menyusuri jalan-jalan yang biasanya ditempuh dengan motor —saya lebih senang mengendarai motor mengingat kondisi trafik pagi dan petang yang sangat padat di kota ini. Tapi hanya sebulan sekali targetnya. Lumayan lah secara jarak, sekitar 8-9 km.

Percobaan pertama pada November 2018 yang lalu. Kelar dalam waktu 1 jam 15 menit. Start dari jam 5:20. Sukses menggenapkan jarak 10KM. Hasilnya mengantuk sepanjang siang.

Yang kedua pada Februari 2019 minggu lalu. Kali ini startnya lebih siang sedikit, jam 5:40. Di bulan-bulan ini jam segitu masih lebih gelap dibandingkan bulan November. Jadi saya memilih menunggu lebih terang sedikit. Menyusuri jalan raya yang penuh kendaraan ketika kondisi lebih terang memudahkan saya melihat jalanan.

Yang kedua ini kelar dalam waktu 1 jam 50 menit dengan jarak 13 KM. Efek setelahnya masih sama. Ngantuk sepanjang siang. Kopi pun tidak bisa menjadi obatnya. Memang, cuma tidur yang jadi obat mujarab serangan kantuk.

Saya seperti menemukan semangat kembali. Menemukan bukti bahwa sebenarnya masih mampu. Dan berharap bisa meningkatkan waktu tempuhnya. Ini bisa menjadi tantangan berikutnya.

Saya jadi teringat sebuah nasehat tentang keberhasilan. Bahwa keberhasilan menaklukkan tantangan-tantangan kecil itu akan membawa kepada keberhasilan yang besar.

Tagar ini salah satu tantangan kecil itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *