Mereview Buku

Seorang kawan menyarankan melakukannya. Karena dilihatnya saya membaca buku siang tadi. Sempat terbengong ketika mendengarnya. Belum pernah saya melakukan.

Respon seseorang terhadap sebuah usulan yang diperkirakan menambah pekerjaan adalah menolak atau menerima. Menolak dengan berbagai alasan, atau menerima dengan segudang pertanyaan how to do it.

Sepertinya tidak ada salahnya untuk saya coba. Itung-itung pengetahuan baru jika sesuatu yang baru berhasil saya lakukan. Jika tidak berhasilpun masih bisa jadi pengetahuan tentang bagaimana untuk jadi tidak berhasil.

Yang terbayang sekarang adalah mengetahui langkah untuk me-review buku yang baik. Apakah ada standar dan templatenya? Apakah ada do don’t-nya? Apa saja yang harus dicantumkan dalam sebuah review?

Ketika kuliah dulu, ada mata kuliah yang mengajarkan tentang bagimana membaca sebuah studi kasus untuk kemudian melakukan analisa permasalahan yang terkandung didalamnya. Dosen pembimbing saya juga pernah memberikan template catatan untuk memudahkan memahami jurnal ilmiah. Apakah tahapan mereview buku juga sepertin itu?

Saya belum tahu. Semoga dalam seminggu kedepan sudah ada hasilnya. Kuminta doamu Kawan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *