Review Buku : The Adventure of Sherlock Holmes Edisi Indonesia

Siapa yang tak kenal dengan Sherlock Homes ?! Tokoh detektif swasta yang telah banyak menyelesaikan kasus. Melakukan penyeledikian dengan gayanya sendiri. Kemampuan pengamatan yang sangat detil dan menghubungkannya menjadi modal untuk setiap pemecahan.

Tokoh fiksi inilah yang ada pada buku The Adventure of Sherlock Holmes yang diterbitkan oleh Immortal Publishing cetakan pertama tahun 2019. Berisi 12 cerita pendek yang tidak membosankan untuk dibaca.

Buku berjenis kumpulan cerpen seperti ini jadi pilihan saya jika ingin membaca materi-materi yang santai. Dibaca sewaktu-waktu. Dan ceritanya saling lepas.

Kumpulan cerpen ini bukanlah baru karena pertama kali di terbitkan pada tanggal 14 October 1892 di Inggris. Namun cerpen-cerpen karangan Sir Arthur Conan Doyle ini sudah dipublikasikan di majalah The Strand Magazine antara Juli 1891 hingga Juni 1892.

Meskipun sudah lama, ceritanya asyik untuk dibaca. Saya selalu terkagum-kagum cara penulisnya merangkai detil-detil pengamatan yang out of the box. Lalu menyampaikan kesimpulan dari itu semua. Disetiap cerpennya, Sir arthur ini selalu menyisipkan langkah cara menguak misteri kasusnya.

Hebatnya lagi, walaupun petualangan ini tentang tokoh detektif Sherlock Holmes, penulisnya menggunakan sudut pandang Dr. Watson —seorang dokter yang sering diajak melakukan penyelidikan— untuk menarasikan alur cerita. Yang disebut belakangan adalah nama tokoh fiksi yang menjadi pengamat segala gerak sang detektif.

Dr. Watson mampu mendeskripsikan dengan baik trik-trik Sherlock Holmes di ke 12 kasus yang ditangani. Sebagian besar berhasil diselesaikan sesuai permintaan kliennya, namun tidak di “Skandal di Bohemia“. Dia sendiri mengakui itu. Bahwa dia dikalahkan oleh orang yang diselidikinya. yang sekaligus seorang perempuan.

Keseruan petualangan makin bisa saya rasakan di buku ini dengan hadirnya gambar ilustrasi kejadian di akhir setiap cerpen. Dengannya, suasana petualangan mampu didatangkan secara visual, walaupan dalam satu gambar tidak bergerak.

Well, karena memang cerita didalamnya sudah sangat dikenal didunia, menurut saya buku ini akan mudah menjadi best seller. Walaupun ceritanya sudah berumur lebih dari seratus tahun, tapi masih seru untuk dibaca lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *