Manfaat yang bisa didapat ketika menemani anak berlatih

Bagi para orang tua yang kerap menemani anaknya berlatih, menunggu selesainya waktu latihan bisa jadi membosankan. Cuma duduk sambil melihat dari kejauhan. Atau jika kekinian ya main hape. Tentu dengan melewatkan banyak hal yang bermanfaat.

Padahal mengamati perkembangan hasil latihan sangat bisa dilakukan saat tersebut. Walau dari pinggir lapangan, orang tua tetap bisa memperhatikan pergerakan anaknya. Kalau terlalu jauh, menggunakan alat bantu pengamatan juga bagus. Binocular atau monocular misalnya.

Anaknya sendiri bisa jadi lebih bersemangat. Berlatih dengan lebih keras. Untuk memberikan kesan positif terhadap dukungan ortunya. Asalkan komunikasi ortu anak terjalin dengan baik. Orang tua juga memahami kondisi anak. Dan tidak terlalu campur pada tahapan latihan. Biarkan itu menjadi tugas para coach.

Manfaat lain yang bisa didapat adalah mengetahui perkembangan klub tempat si anak latihan. Dengan mengamati infrastruktur yang disediakan misalnya. Atau berdiskusi dengan pengurus untuk hal-hal yang tidak dapat dirasakan langsung.

Berdiskusi dengan sesama ortu juga boleh. Melaluinya bisa jadi akan dapat berita-berita ‘underground’ yang penting. Misalnya saja berbagi jurus ortu memelihara semangat latihan anak-anaknya. Maklum, kadang anak juga bosan latihan.

Saya sering melakukannya. Belajar dari ortu lain yang sudah lebih dahulu pengalamannya. Tidak langsung ditiru mentah-mentah. Dimodifikasi agar cocok buat anak sendiri. Karena kondisi psikologis anak berbeda-beda.

Belajar dari para coach terkait dengan teknik yang perlu dikuasai anak, membantu saya menambah wawasan teknis. Sehingga ketika sang anak latihan mandiri dirumah, ortu bisa menggantikan peran coach.

Kalau sedang malas, ya waktu tunggu bisa dipakai untuk me time. Membaca buku di mobil, menulis blog, atau minum kopi di tempat yang nyaman. Tapi jangan sering-sering. Karena kehadiran ortu bagi anak adalah sangat berharga. Tanpa perlu berkomentar menggurui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *