Kail

Beberapa kali saya merasakan manfaat ketidaktahuan. Kebodohan, jika ingin lebih dramatis. Bersikap dan bertindak terhadapnya sungguh menguntungkan. Menolong saya beralih dari kegelapan ke posisi yang lebih terang.

Misal saja ketika saya menulis. Meski sudah dilakukan bertahun yang lalu, saya masih merasakan kesulitan. Satu demi satu kesulitan datang. Tidak punya ide, tidak yakin dengan kualitas hasilnya, mau diapakan setelahnya, dan pertanyaan-pertanyaan lain.

Intinya saya tidak cukup percaya diri dengan proses dan hasil menulis itu. Akibatnya semangat menulis menjadi timbul tenggelam tak beraturan. Pernah tenggelam hingga bertahun lamanya. Padahal sudah beberapa personal blog yang saya buat tapi tidak diteruskan. Di WordPress, di Blogspot, di Multiply, di note Facebook, dan di self hosting. Beralih-alih terus.

Usut punya usut saya sadari bahwa hal tersebut disebabkan karena saya tidak tahu bagaimana menulis yang baik. Saya tidak tahu tulisan-tulisan untuk apa. Saya juga tidak tahu karena apa saya menulis. Menjawabnya bikin kerepotan. Keberanian untuk jujur memahami diri sendiri tidak segera saya temukan.

Syukurnya, kondisi ini menggugah kemauan belajar saya. Setiap situasi ketidaktahuan mendorong kemauan belajar muncul. Saya yakini ini salah satu cara Allah memberikan petunjuk. Bukan dengan jawaban dari tantangan yang saya hadapi. Tapi jalan untuk mencari jawabannya.

Saya teringat nasehat “kail akan membuat orang lebih kuat daripada ikan”. Karena dengan kail orang belajar cara mendapatkan ikan. Pengetahuan ini tak akan hilang selama masih diingat dan digunakan. Tidak seperti ikan yang dijadikan lauk. Sekali disantap akan habis tak bersisa.

Maka saya membutuhkan kail untuk menulis dengan baik. Saya perlukan pengetahuan bagaimana memanfaatkan kail itu. Untuk kemudian menghasilkan tangkapan ikan-ikan. Syukur jika ada orang lain yang ikut menikmatinya.

Tentang bagaimana mendapatkan kailnya, membuatnya secara otodidak atau belajar dari orang lain silakan baca tulisan saya yang ini ya….

Sumber gambar: Pixabay.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *