Pentingnya Kepastian Untuk Pelanggan

Sebelnya saya minta ampun. Dicantumkan nomer Whatsapp (WA), tapi balasnya lama. Pertanyaan siang dijawab malam. Pertanyaan malam dibalas siang. Tapi Instagramnya aktif. Sebenarnya apa sih maunya toko ini? Pemberi Harapan Palsu (PHP) banget.

Pernah mengalami hal seperti ini juga sebagai pelanggan ? Benar-benar tidak enak rasanya. Apalagi jika itu untuk kebutuhan yang mendesak. Rasanya seperti sedang antri toilet saat sedang kebelet dan tidak jelas kapan yang sedang didalam akan segera keluar. Ingin marah tapi takut pertahanan bawah jebol. Tidak marah tapi nyebelin.

Sudah selayaknya pelanggan berharap segala pertanyaannya segera dijawab oleh customer service. Saya pikir untuk jaman sekarang ada banyak kemudahan melakukannya. Dan sudah seharusnya kecepatan tanggap itu menjadi standar pelayanan yang baku. Tujuannya satu, memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Customer experience istilahnya di marketing.

Pemberian kepastian pelayanan akan membentuk pengalaman tersendiri bagi pelanggan. Memastikan semua pertanyaan pelanggan dijawab adalah satu dari sekian banyak kepastian yang bisa dipraktekan. Jangan sampai pelanggan mempertanyakan apa gunanya kontak nomor WA dicantumkan di halaman promosi jika tidak dijawab.

Secara teori sepertinya mudah, namun tidak setiap penyedia layanan dapat melakukannya. Bagi usaha yang besar menyediakan sistem dan orang untuk menjalankan tugas tersebut tentu tidaklah sulit. Bagi usaha dengan ukuran sedang ataupun kecil barangkali perlu dikaji lebih lanjut. Khususnya dampaknya bagi penjualan.

Namun untuk toko online, ini adalah keharusan yang tidak dapat ditolak. Mengandalkan gambar dan deskripsi produk di etalase online saya pikir tidaklah cukup. Keduanya dengan mudah di copy dan paste dari berbagai sumber. Hingga tidak membuat calon pembeli mudah percaya. Menjalin komunikasi yang baik dengan mereka dapat membuat naiknya tingkat kepercayaan. Kecepatan respon jadi salah satu ukurannya.

Maka jika suatu saat nanti saya berkesempatan untuk memiliki toko online, segala cara untuk memberikan kepastian bagi pelanggan harus diupayakan dengan maksimal. Membalas pertanyaan, komentar, melayani transaksi dengan cepat, membuat aturan dan lain-lain.

Dengannya pelanggan akan menjadi percaya bahwa toko online tersebut akan memuaskannya. Sehingga dia tidak akan ragu untuk bertransaksi. Bahkan merekomendasikan ke kawan-kawannya. Bekal rekomendasi ini membuat seseorang lebih mudah percaya dan melakukan transaksi.

Pelanggan tidak mau di PHP-in …

Sumber gambar: https://unsplash.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *