Buka Bersama

Seorang kawan menulis di halaman Facebooknya tidak menerima segala ajakan buka bersama selama Ramadhan ini kalrena ingin berbuka bersama keluarganya. Saya tidak tau apakah dia menuliskannya dengan bercanda atau tidak. Namun saya pikir itu adalah sebuah ide yang bagus.

Dikantor selalu aja ada sejuta alasan untuk diadakan buka bersama. Hari pertama buka bersama teman yang mejanya berdekatan. Beberapa hari kemudian bersama unit. Tiga hari setelahnya bersama rekan satu departemen. Minggu depannya bersama direksi. Itupun didahului dengan buka bersama pimpinan level bawahnya dua hari kemarinnya.

Sepertinya kawan saya ini ingin memaksimalkan waktu Ramadhannya untuk bersama-sama keluarga meraih pahala sebanyak-banyaknya. Karena ini adalah waktu yang penuh kemurahan Allah. Begitu banyak kemurahanNya sehingga manfaat yang bisa diambil pada Ramadhan menjadi tidak terhitung.

Kawan saya yang lain memilih untuk selektif terhadap ajakan buka bersama. Tidak semuanya ditolak pun tidak semuanya diterima. Dibatasinya hanya dalam lingkungan terdekat saja yang dipilih. Berharap silaturahmi bersama kawan tetep berjalan dan memaksimalkan bersama keluarga juga tercapai.

Mengingat kerberkahan yang ada di bulan ramadhan, apapun strategi berkegiatannya selama berawal dari niat untuk kebaikan menurut syariat, maka insyaallah akan mendapatkan nilai ibadah.

Selamat memasuki Bulan Ramadhan Kawan !

Sumber gambar : https://unsplash.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *