Sedekah Tenaga

Ramadhan tempatnya menangguk pahala sebanyak-banyaknya. Allah sudah menjanjikan kemurahan Nya di sini.

Karenanya banyak orang berlomba berbuat kebaikan. Sekecil apapun. Kalau menurut hitungan matematis yang sering diceramahkan setidaknya akan dikalikan 10 lalu 700 kebaikan.

Tapi lupakan perhitungan. Formula itu hanya membuat kita berdagang ke yang Maha Pemurah. Seolah tidak yakin akan kemaha murah Nya.

Tak pantas rasanya berhitung ke Allah. Meski Dia selalu menyuruh kita meminta kepadaNya. Bukan kepada yang lain. Melalui doa. Maka muncullah adab dalam berdoa.

Ramadhan juga menjadi saat yang tepat mengajarkan sedekah. Membekali anak-anak dengan uang sedekah secukupnya ketika mau shalat taraweh jadi cara yang bagus. Repetisi setiap malam akan membuat anak tidak mudah lupa.

Sedekah tenaga juga bisa dilakukan. Selain uang. Cukup banyak yang perlu dibereskan oleh marbot selepas shalat taraweh. Anak-anak bisa membantunya.

Mengumpulkan kencleng. Menggulung karpet di shaf tambahan. Mengangkat gulungan karpet ke gudang. Menutup pintu dan jendela. Atau menyiapkan perangkat untuk tadarusan.

Langkah-langlah kecil seperti ini perlu pembiasaan. Agar tumbuh kepedulian pada mereka. Tidak hanya kepada orang lain. Tapi juga lingkungan. Dalam hal ini masjid. Dan Islam pada umumnya.

Merekalah yang akan menggantikan kita yang sudah dewasa ini. Sudah selayaknya dipersiapkan dengan baik. Bahkan jauh lebih baik dari kita saat ini.

Sumber gambar: Shutterstock

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *