Jika Ramadhan Ini Usai

Jika ramadhan ini usai… masih bisakah aku mengendarai motor tanpa membuat yang lain was-was, tidak memotong jalur sembarangan, dan memberi jalan bagi yang lain?

Jika ramadhan ini usai… masih bisakah aku menjadi sumber senyum istriku, menjadi sumber ketenangan anak-anakku, dan sumber kedamaian di rumahku ?

Jika ramadhan ini usai… masihkah perutku mampu menahan lapar, mataku mampu menundukkan pandangan, telingaku mampu menahan cibiran, dan mulutku mampu mengucap kebaikan?

Jika ramadhan ini usai… masih ringankah langkah kakiku menuju tempat ibadah, leluasakah tanganku merogoh dompet untuk orang lain, dan lincahkah badanku mendukung kemakmuran masjid?

Jika ramadhan ini usai… masihkah lembar-lembar Al-Qur’an menjadi teman meniti waktu-waktuku, kajian-kajian ilmu bergantian memasuki lorong telingaku?

Jika ramadhan ini usai… masih mudahkah mengalahkan beratnya turun dari pembaringan dimalam hari, mengalahkan dinginnya air wudlu, dan mengalahkan beratnya gulungan sajadah ?

Jika ramadhan ini usai… aku akan tahu apa pengharapan selama ini. Berlimpahnya pahala kah? Surga nan indah kah? Atau pemilik keduaNya?

Jika ramadhan ini usai… janganlah pernah usai.

Jika ramadhan ini usai…

Sumber gambar: freepik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *