Bukit Kemenangan

Jika sebuah kemenangan atau kesuksesan dianggap sebuah gunung yang harus didaki untuk mencapai ke puncaknya, maka cara yang paling mudah untuk menjalaninya adalah membuat kemenangan-kemenangan kecil diantaranya. 

Fungsinya adalah sebagai batu loncatan dari yang mudah, menengah, hingga ke puncak. Karenanya di gunung selalu ada Pos 1 terbawah, Pos 2 lebih diatasnya, Pos 3 makin keatas, dan Pos 4, 5 dan seterusnya yang sudah barang tentu lebih keatas lagi.

Secara mental, kemenangan kecil-kecil ini akan membangun kepercayaan diri pelakunya. Tidak jarang jika langsung memandang ke puncaknya yang tinggi dan tertutup awan membuat munculnya perasaan drop. “Apa?! Saya harus sampai setinggi itu?!  Harus sejauh itu ?!” (Baca dengan visualisasi sinetron ya…) Kalimat – kalimat ini bisa muncul untuk kemudian melelahkan secara mental.

Maka buatlah bukit-bukit dengan puncak yang lebih rendah mudah diraih namun tetap pada jalur yang membawa ke puncak sesungguhnya. Misal jika puncak kemenangannya adalah mampu lari 5KM nonstop dibawah 1 jam dalam 4 minggu kedepan, maka bukit kemenangan ke 1 adalah lari 3KM nonstop di minggu pertama. Lalu 4KM nonstop di minggu kedua. Dilanjut dengan 5KM nonstop di minggu ketiga.

Once bisa mencapai bukit yang pertama, jangan lupa lakukan evaluasi apa yang membuat berhasil dan apa yang bisa ditingkatkan. Begitu juga untuk yang kedua dan seterusnya. Insyaallah akan ditemukan emas dalam diri yang selama ini ada namun tidak disadari.

Dan ketika itu ditemui, mental pun akan menguat. Kepercayaan diri meningkat. Berkat bukit-bukit kemenangan. 

Jangan lelah untuk berlatih!

#RoadToBandungRun #TimIcikiwir #SelfReminder

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *