Jadi Bawahan Enak, Jadi Atasan Gajinya Banyak

Jadi bawahan itu enak. Bisa ngomongin bawahan yang lain. Bisa ngomongin Office Boy. Bisa ngomongin tukang koran. Bisa ngomongin atasan.

Kadang yang terakhir ini bisa cukup panjang. Meski sudah ngomongin saat makan siang sampai berbusa-busa, kalau perlu disambung di group Whatsap (WA). Group yang sudah pasti atasan tidak terdaftar disitu. Hehe.

Pernah seorang atasan dianggap tidak mau dikalahkan dalam sebuah diskusi. Semua percobaan untuk membelokkan keyakinan beliau berakhir dengan kandas. Saya perhatikan dalam diskusi itu beliau lihai dalam memahami informasi dan paham betul kapan waktunya harus mengeluarkan informasi yang mana.

Kalau sudah seperti ini bawahan cuma bengong-bengong saja dan berusaha memahaminya. Rupa-rupanya cara pandang kami yang belum seluas beliau atau memang penggalian kami yang kurang. Pemegang informasi lebih banyak akan lebih berpeluang berhasil mengarahkan diskusi sesuai keinginannya.

Sebagai atasan, memahami lebih banyak hal adalah sudah sewajarnya. Ini ditunjang dengan akses ke sumber informasi yang lebih luas dan mudah daripada bawahan. Kelebihan kewenangan ini pada akhirnya memperbanyak sudut pandang beliau pada suatu masalah.

Ini juga yang membuat atasan mampu menetapkan sasaran dan cara untuk mencapainya. Tim dibawah tinggal menjalankan sambil sesekali memberikan feedback yang dibutuhkan. Maka dengan pertimbangan yang matang bisa saja atasan menetapkan strategi jual rugi pada satu produk ke seorang konsumen. Dengan pertimbangan konsumen tersebut punya potensi yang besar untuk melakukan transaksi yang lain dalam waktu dekat.

Bawahannya melaksanakan. Jika ada yang tidak paham tinggal bertanya ke atasan. Jika sudah selesai laporkan hasilnya untuk dievaluasi bersama.

Jadi bawahan itu enak. Tidak perlu mikir banyak-banyak. Jadi tanggung jawabnya tidak banyak juga. Cuma ya gajinya juga tidak akan sebanyak atasan. Mau yang enak atau yang gajinya banyak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *