Rest Area

Weekend kemarin saya mampir di rest area Mie Baso SR di Jl Raya Rajapolah Tasikmalaya. Dua kali. Yang pertama Jumat tengah malam. Kedua kalinya Minggu sore.

Arealnya luas, bisa menampung banyak rombongan bis antar kota maupun pariwisata. Tempat duduknya menyebar. Ada yang indoor, teras, outdoor.

Makanan yang disediakan juga banyak. Pop Mie, sosis bakar, ice cream, prasmanan sunda, dan andalannya adalah Mie Baso SR.

Awalnya ketika tengah malam tiba di sana saya penasaran. Dengan area yang sangat luas itu, apa banyak yang datang dan makan disitu ?

Ternyata memang banyak. Saya dapat jawabnya di Minggu siang. Bus yang parkir lebih dari 10 buah. Ditambah lagi beberapa minibus.

Suasananya sudah mirip pasar. Antrian makanan mengular. Mungkin mereka ini yang ikut paket makan dari bus.

Yang ke toilet juga banyak. Maklum perjalanan panjang rute selatan Jawa Barat.

Yang antri Mie Baso SR juga tidak pernah sepi. Setelah cek di Google, rupanya menu ini favorit pengunjung dan terkenal.

Sebenarnya banyak mie baso yang lebih enak. Tapi kelelahan, kebosanan, dan jalan yang meliuk-liuk mengikuti alur gunung berkongsi membuat badan lelah.

Kondisi ini butuh penyegaran. Makanan berkuah panas cocok sekali. Sedap dan segera tandas.

Tapi apakah kondisi ini akan tetap sama setelah jalan tol selatan Jawa jadi ? Akan terjawab nanti setelah tolnya jadi. Ruas Gede Bage Bandung ke Tasikmalaya ditargetkan siap 2024.

Sebagai perkiraan sepertinya bisa berkaca pada pengaruh tol trans Jawa. Kalau mau yang lebih lama lagi adalah tol Purbaleunyi. Coba baca artikel Kompas ini atau artikel CNN ini.

Dampak Tol bagi pemasukan pedagang sebagian besar negatif. Omset berkurang karena pembelinya makin sedikit.

Sampai saat ini saya belum mendapat kisah sukses mereka yang berhasil survive. Mestinya ada. Mungkin saya saja yang belum tahu.

Jika Anda tahu, tolong tulis di komentar ya … Insyaallah akan jadi studi yang bagus buat kita semua.

Saya masih ingin merasakan Mie Baso SR dan juga tidak mau repot berlama-lama di jalanan jalur selatan itu. Saya pikir Tol akan jadi pilihan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *