Main Game Lagi

Ya… Saya main game komputer lagi. Saya lupa kapan terakhir kali main game sampai lama. Sejak beralih ke Mac Book. Dan tidak ada Age of Empires versi itu. Sepertinya memang Microsoft belum ‘akur’ dengan Apple. Di game ini.

Saya tergiur main lagi saat tahu rilis terbaru game ini diluncurkan November 2019 lalu. Walau tetap belum ada versi Macnya. Gamenya pun game lama yang di remastered. Terasa sekali di bagian display, sound dan artificial inteligentnya.

Game realtime strategi ini gabungan dari city builder dan war. Tergantung minatnya. Yang suka optimasi resouce untuk membangun maka alur city builder bisa dimainin sejak awal. Yang sukanya perang bisa langsung potong kompas ke masa perang tanpa proses yang cukup panjang.

Memang game ini cukup memakan waktu. Dua jam tergolong cepat saat memainkannya. Memang bikin adicted. Kebayang-bayang saat tidak memainkannya.

Standart mode adalah pilihan saya dalam memainkan game yang sudah 20 tahun ini umurnya. Diawali dengan 3 orang pekerja dan 1 orang eksplorer. Lalu kemudian dapat meningkat hingga berkembangnya teknologi.

Mirip dengan filosofi hidup manusia. Dari hidup sederhana memanfaatkan kekayaan alam yang tersedia disekitar. Kemudian mengembangkan diri untuk mengenal teknologi dasar bercocok tanam, membangun, bertahan, dan berdagang. Hingga ke hidup yang lebih kompleks dengan pertahanan tingkat tinggi.

Resource alam yang terbatas membuat pemain harus efektif atau mengambil sebanyak-banyaknya hingga suatu saat habis. Maka dari sini muncullah perebutan kekayaan alam antar pemain yang ada.

Mirip sekali dengan hidup ini bukan? Ini yang membuat saya senang memainkannya. Hingga lupa waktu. Bahkan pernah istri marah-marah karena dicuekin.

Kalau sudah begini, pilihannya jelas. Shutdown laptop!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *