Klakson Lampu Hijau

Ada hal di lampu merah yang belum bisa saya pahami sampai saat ini. Bunyi klakson dari beberapa kendaraan —seringnya motor— segera ketika lampu hijau menyala.

Jika saya perhatikan, bunyi klakson itu datangnya selalu dari motor yang berada diurutan beberapa dari depan. Kalau ada yang didepan, saya rasa lebih aneh lagi. Apa maunya ?

Tidak salah sih membunyikan klakson. Lha wong dari pabriknya sudah disediakan. Sayang kalau tidak digunakan. Tapi apa iya harus digunakan saat lampu hijau baru menyala. Satu detikpun belum sampai.

Bisa jadi klakson digunakan untuk mengingatkan agar yang paling depan segera berjalan. Karena lampu merah sudah berganti hijau. Kendaraan yang dibelakannya juga bisa mulai berjalan.

Tapi mungkin dia lupa, kecepatan tancap gas setiap kendaraan berbeda-beda. Motor matik mungkin bisa cepat. Lebih cepat dari pada motor manual yang harus menginjak tuas presnelling dulu.

Motor manual masih lebih cepat dari pada mobil yang lebih banyak rodanya dan lebih berat. Mobil kecil lebih cepat bergerak dari pada mobil dengan badan yang lebih besar. Dan seterusnya.

Jadi rasanya tidak mungkin dalam detik pertama semuanya bisa mulai berjalan. Saya makin gagal paham jika ada pengendara yang belum puas dengan bunyi sekali. Dan dia tambah lagi pencetan klaksonnya.

Seolah-olah yang didepannya harus segera memberi jalan. Karena dia mau lewat. Bikin geregetan bukan ?

Emangnya situ siapa Bang ? Ucing pala bebi !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *