Review Buku: Dawuk kisah kelabu dari Rumbuk Randu

Hampir-hampir saja saya lupa pernah membeli novel ini. Bukunya masih berplastik toko saat saya temukan kembali di lemari buku. Lupa kapan belinya.

Dawuk yang menjadi judul novel ini diambil dari nama tokoh yang paling banyak diceritakan. Hampir di tiga perempat bagian. Nasib hidup Mat Dawuklah yang jadi central.

Kecil terlantar tak terurus. Tak ada teman main. Tak tentu kesehariannya. Ketika besar terlempar ke lembah hitam, jadi algojo siapa saja yang memberi pesanan. Hingga suatu titik balik mendatanginya.

Tapi orang-orang terlanjur tidak percaya. Dan menyeretnya dalam liku nasib pesakitan. Tuduhan demi tuduhan silih berganti. Usaha menghabisi tak terhitung lagi. Tapi Mat Dawuk sudah pasrah.

Rumbuk Randu adalah nama yang lain. Yang jadi setting lokasi cerita ini. Sebuah desa dengan kesulitan geografis yang membentuk budaya masyarakatnya menjadi unik. Mengingatkan saya pada setting pedesaan Ronggeng Dukuh Paruk-nya Ahmad Tohari.

Entah kenapa cerita bersetting kehidupan desa dengan segala permasalahannya selalu saya sukai. Sepertinya karena saya belum pernah tinggal di desa yang jauh dari kota. Sejak kecil saya sudah di kota. Kota kecil yang tetaplah kota.

Mahfud Ikhwan adalah nama yang lain lagi. Tapi yang ini tidak ada didalam cerita. Justru nama ini yang membuatnya. Dengan cerdas! Ya… kisah yang saya ceritakan diatas disajikan lewat jalan cerita di dalam cerita. Mirip di film Titanic tahun 1997. Bahwa semua adegan yang dinikmati sepanjang film tersebut adalah cerita dari orang lain.

Maka alur cerita novel ini bisa jadi referensi bagi yang sedang belajar menulis kreatif. Bahwa alur cerita tidak cuma lurus dari A to Z, tapi juga bisa melompat dan bertingkat. Plus masih menyisakan penasaran di penutupnya.

Tidak perlu dicari-cari bagaimana akhir nasib Mat Dawuk. Penggantungan akhir kadang menjadi kesyikan tersendiri. Selama bukan penggantungan akhir cerita Jiwasraya dan Asabri. Karena yang dua ini bukan novel!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *