Orang-Orang Yang Menulis

Saya kagum dengan beberapa orang rajin menulis. Mereka bisa menyiapkan waktu untuk menyusun huruf demi huruf menjadi bermakna. Mengalirkan isi hatinya kepada setiap huruf untuk bisa disampaikan ke pembaca.

Saya pun kagum dengan mereka yang walaupun sudah menulis bertahun-tahun tapi tetap mampu seperti itu bahkan lebih. Mungkin mereka adalah penulis atau orang yang konsisten.

Pun saya juga kagum dengan orang-orang yang sesekali saja menulis karena kesibukannya tetapi mampu menulis dengan baik. Tulisannya menjelaskan topik dengan gamblang semudah mengajarkan ABC kepada anak kecil.

Menulis yang seperti ini tidaklah mudah. Hanya bisa dilakukan oleh yang berpengalaman. Jadi meskipun hanya sesekali menghasilkan tulisan tetapi sebenarnya sudah dilakukan sejak lama.

Selain itu juga banyak membaca buku –jaman sekarang ebook. Membaca banyak buku mampu menambah kemampuan kemahiran menulis. Tidak jarang kosakata baru atau gaya tulis baru didapat dari hasil membaca.

Kebiasaan membaca seseorang sangat mempengaruhi kemampuan menulisnya. Cukup banyak studi yang membuktikan ini. Silakan cari di Google Schoolar.

Dengan membaca orang jadi punya lebih banyak referensi ide, wawasan dan gaya penulisan. Dengan demikian dia punya lebih banyak pilihan apa yang akan ditulis dan bagaimana caranya.

Maka sudah bisa dipastikan orang yang suka menulis juga suka membaca. Minimal suka membaca tulisannya sendiri. Karena setiap selesai menulis perlu dibaca dulu kalau-kalau ada yang perlu diperbaiki.

Barangkali mirip dengan koki. Sebelum disajikan dia harus mencicip dulu masakan yang dibuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *