Ini Yang Akan Terjadi Beberapa Bulan Ke Depan

Saya masih tertarik dengan tulisan sebelumnya tentang adopsi teknologi pada saat masa #dirumahaja. Dimana seperti saya tulis sebelumnya bahwa #dirumahaja ternyata mampu untuk meningkatkan adopsi teknologi telekomunikasi dan informasi. Silakan baca Peluang Ditengah Himpitan.

Walaupun dengan kondisi dipaksakan karena pandemi, namun adopsi teknologi saya pikir berhasil. Lalu jika makin banyak kalangan yang sudah memanfaatkan telekomunikasi dan informasi, kira-kira dua atau tiga bulan kedepan apa yang bakal terjadi ?

Perusahaan akan berlomba untuk menjadi lebih efisien. Proses bisnis akan di review habis-habisan. Perubahan besar yang terjadi sekarang ini membuat customer ingin merasa lebih aman dalam mendapatkan produk. Barang atau layanan yang dikirim harus bisa mencerminkan jaminan itu.

Customer ingin lebih mudah mendapatkan produk. Mereka tidak perlu meninggalkan rumahnya. Produknya yang datang setelah di review rekomendasinya dan dipesan melalui telepon genggam. Maka digital marketing makin diperlukan dimasa yang akan datang. Media video sedang banyak menjadi pilihan, kiranya ini bisa dilirik lebih lanjut.

Dunia pendidikan juga akan berbenah. Mengingat bukan hanya kalangan pekerja yang harus kerja dari rumah, tetapi murid-murid juga. Mereka tetap diwajibkan belajar melalui tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya lewat internet.

Para guru dan lembaga pendidikan harus dapat menyusun metode pengajaran baru yang sudah mengesampingkan tatap muka langsung namun tetap bermutu. Tapi tetap bisa enjoy. Karena begitu banyaknya konten-konten menarik yang bisa membuat fokus belajar hilang.

Saya pikir sudah saatnya menilai seorang murid bukan lagi dari seberapa banyak hafalannya terhadap materi seperti berapa jawaban benar dan berapa jumlah salahnya. Melainkan lebih melalui critical thinking dan karakternya.

Sedikit banyak saya bahagia dengan adanya #dirumahaja. Harapan-harapan baik mulai bermunculan di kepala saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *