Adaptasi Bersama

Virus mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungannya. Karena dia adalah makhluk hidup. Salah satu ciri makhluk hidup adalah beradaptasi.

Saya jadi terpikir bahwa sesuatu yang hidup harus bisa beradaptasi. Perusahaan yang hidup pun harus bisa beradaptasi. Saat lingkungannya berubah.

Dan saat ini perubahan itu terjadi dengan dahsyat. Karena seluruh dunia sedang sama – sama menghadapi pandemi virus. Dimana-mana menahan diri, membatasi ruang gerak. Barang dan jasa pun kena imbasnya.

Keduanya tidak bisa dikonsumsi dengan cara-cara lama. Perubahan sudah terjadi nyata. Layanan pesan antar berdemand tinggi. Yang tadinya tidak bisa diantar jadi bisa datang kerumah. Yang sudah mengantar memodifikasi agar pelanggan makin percaya.

Kopi Kenangan menambahkan informasi suhu badan dari para penyajinya. Plus driver ojek online yang membawa sampai ke rumah kita. Data-data itu disertakan dalam kertas seukuran kartu nama di dalam kantong hantaran.

Gojek memberikan warning pada setiap order go food. Ini memberi alternatif untuk meminimalkan kontak dengan driver. Kita tinggal tap pada opsi-opsi yang disediakan.

Hantaran MC Donald mempersilakan pelanggannya untuk mengambil bungkusan pesanannya sendiri kedalam tas paket yang dibawa petugas. Uang kembaliannya pun sudah diletakkan dalam kantong. Tas besar itu dibawa hingga hingga dihadapan pemesan. Kantong tidak lagi disentuh oleh petugas pengantar.

Saya yakin adaptasi dilakukan oleh semua pihak. Agar tetap bertahan di kondisi tertahan seperti ini. Virus aja bisa kenapa kita tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *