Anda Penonton Sepak Bola Tim yang Mana ?

Saya bukan pencinta sepak bola. Karena untuk menjadi pencinta perlu banyak pengorbanan. Tenaga, waktu, dan biaya. Itupun belum tentu berbalas.

Saya hanya penonton yang tidak pernah nonton pertandingan langsung di stadion. Bahkan untuk pertandingan liga antar kampung sekalipun.

Saya hanya cukup tahu siapa yang akan bertanding dan berapa skor akhirnya. Untung liga Indonesia sudah ada beritanya di koran Jawa Pos. Koran ini yang paling terkenal di propinsi saya waktu itu.

Cara lain dengan bertanya ke suporter yang berbondong-bondong jalan kaki ke rumah masing-masing dari stadion. Jawabannya singkat, menang atau kalah lalu disambung skor.

Saya tidak perlu siapa yang menang siapa yang kalah. Itu sudah bisa dilihat dari jawabannya dan jersey tim yang dipakai.  Sudah barang tentu menang atau kalah adalah untuk tim yang dia pakai jerseynya.

Jika hanya begitu, apakah Saya layak disebut penonton? Terserah deh, wong saya juga lihat cuplikan gol-gol di TV atau Youtube. Hehe.

Penonton potongan adegan pertandingan, saya rasa ini lebih cocok. Apalagi sekarang Youtube menyediakan segalanya. Terlalu hiperbola penyebutannya, tapi itulah yang terjadi.

Pertandingan dari liga-liga terkenal sudah bisa langsung didapat informasinya segera setelah wasit meniup peluit panjangnya. Malah jika cukup tahu skor, sudah banyak website live score. Praktis bukan.

Nah, Anda tim penonton potongan pertandingan seperti saya atau full durasi di TV? Atau bahkan penonton langsung di stadion?

One thought on “Anda Penonton Sepak Bola Tim yang Mana ?”

Leave a Reply

Your email address will not be published.