Bola Dan Kerja

Obrolan ringan kami di kantor tiap Senin pagi sudah bisa dipastikan tentang pertandingan bola. Pendukung tim yang kalah jadi bulan-bulanan. Jurus silat lidah saling beradu.

Menariknya, mereka masing-masing paham betul satu persatu anggota tim yang didukungnya.  Alur permainan mampu diceritakan kembali. Pemain yang dianggap curang dicibir bareng.

Salut buat mereka yang masih mampu menonton pertandingan utuh di TV maupun via streaming. Saya sendiri sudah lupa kapan terakhir kali melakukannya.

Saya lebih memilih melihat hasil akhir dan potongan adegan serunya saja. Itupun keesokan hari setelah banyak channel Youtube melakukan pembaharuan (tentu sembunyi-sembunyi). Saya sempat bercerita disini beberapa hari yang lalu.

Perhatian terhadap proses pertandingan dari awal hingga peluit panjang menunjukkan mereka menikmati pertandingan.  Bertolak belakang dengan saya.

Apakah ini berarti saya bukan tipe orang yang menganggap proses itu penting? Apa kawan-kawan saya itu proccess oriented people?

Bisa jadi begitu. Kemampuan untuk mengikuti kemana bola bergulir, siapa yang mengoper kemana, bagaimana respon pemimpin pertandingan mengajarkan untuk memperhatikan detil. Sebuah proses panjang selama 90 menit kadang lebih dengan banyak kejadian.

Sementara orang yang goal oriented penasaran dengan berapa skor, untuk tim mana, siapa pencetak goalnya. Informasi detil bisa didapat dari obrolan dengan teman yang lain.

Saya pikir keduanya ada plus minusnya. Dalam dunia kerja pun demikian. Ada saatnya berlaku sebagai orang yang proccess oriented kadang pula perlu menjadi goal oriented.

Seorang yang mampu menggunakan metode dan waktu yang tepat akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Tidak melulu terjebak menjadi perfeksionis terhadap proses ataupun tidak peduli cara yang penting hasil.

Saya teringat dengan nama Mourinho. Seorang pelatih sepak bola yang adaptif . Kadang harus menyerang penuh dan kadang juga bertahan penuh. Tidak terikat pada satu strategi yang biasa dilakukan. Hingga sempat dicibir menghilangkan keindahan sebuah pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.